Minggu, 25 September 2011

tulisan


KISAH  MENARIK DI BALIK PESANTREN
‘ NEGRI 5 MENARA’

Novel yang diambil dari kisah nyata ,ditulis oleh Ahmad Fuadi seorang alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Putra ,Wisudawan HI UNPAD, Mahasiswa lulusan S-2 di School of Media and public affairs,George,Washington university.

Tahu kah kawan??? Bahwa Buku Novel Negeri 5 Menara merupakan salah satu penjualan buku terbanyak Gramedia yang sampai dengan saat ini terjual sebanyak 200.000 eksemplar dengan 12 kali dicetak, dan ini merupakan rekor terbanyak yang diraih gramedia selama 37 tahun.
Novel ini  berkisah  tentang seorang anak yg bernama alif. Seumur hidupnya Alif tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau.masa keciLnya dilalui dengan berburu durian runtuh dirimba Bukit barisan,main bola disawah dan mandi di air biru danau maninjau. Tiba tiba ia harus melintasi  punggung sumatera menuju sebuah desa di pelosok jawa timur. Ibunya ingin ia menjadi Buya Hamka walau Alif ingin menjadi Habibie. Dengan setengah hati dia mengikuti perintah Ibunya,belajar di pondok.

Dihari pertama di pondok Madani (alias Pondok gontor) Alif terkesima dengan mantra ‘Man jadda wajada’ barang siapa bersungguh sungguh maka berhasiL. Dipersatukan dengan hukuman jewer berantai.Alif berteman dengan Raja dari Medan,Said dari Surabaya,Dulmajid dari Sumenep,Atang dari bandung dan Basa dari Gowa.Di bawah menara masjid mereka menunggu maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak ufuk.Awan awan itu menjelma menjadi Negara dan benua impian masing masing. Kemana impian membawa mereka? Yang mereka tahu adalah :jangan pernah meremehkan impian,walau setinggi apapun.Tuhan sungguh Maha Mendengar.

 Dikabarkan Film Negeri 5 Menara ini sedang melakukan syuting, dan direncanakan akan selesai pada akhir September 2011.  Proses syuting dan pengambilan gambarnya sendiri dilaksanakan di beberapa tempat di Indonesia dan juga ada yang di London.  Seperti di Pondok Pesantren Modern Gontor, di Ponorogo Jawa Timur, di Mesjid Salman Bandung, Bukittinggi dan Danau Maninjau Sumatera Barat, serta di London Inggris.  Dijadwalkan pula Film Negeri 5 Menara ini akan tayang pada bulan Februari 2012.

Dari saya pribadi yang sudah katam membaca novel ini.Banyak hal yg sangat unik,salah satunya adalah ”SALATHAH” dalam bahasa indonesianya adalah sambeL.Apa yang membuat nya sangat fenomenal?penampilan sambalnya bersahaja saja.Campuran cabe merah dan hijau yang di giling kasar, bersatu didalam cairan minyak yang berlinang linang kehijau hijauan.tapi begitu disendokkan mbok dapur ke piring,wangi cabe yang meruap ruap langsung menawan saraf saraf lidah. Air liur rasanya mencair didalam mulut. Maknyussss pedassnya…itulah gambaran sambel di Pondok Gontor sangat nikmat kelihatannya,tapi jangan salah setelah makan mereka akan lari terbirit birit  ke keran air minum, menyiram mulut dan muka yang kebakaran SALATHAH.

            Ternyata Pondok Modern Gontor juga memiliki lagu kebangsaan yg disebut ‘HYMNE OH PONDOK KU’ lagu yg menyatakan jasa pondok sebagai tempat belajar dan mengajar, dan pondok laksana ibu yg menaungi dari kecil hingga dewasa. dapat dilihat melalui link http://www.youtube.com/watch?v=sVuRSkmC4Qw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar