Loading...

Sabtu, 26 Mei 2012

garis kemiskinan


ANGKA KEMISKINAN MASIH NOMER 1
DI INDONESIA




Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.

 Pemberantasan Kemiskinan di Indonesia Terburuk di Asia

Indonesia dinilai sebagai negara terburuk dalam menanggulangi kemiskinan. Meski kaya akan berbagai sumber alam, tapi Indonesia satu-satunya negara di Asia Tenggara yang jumlah orang miskinnya meningkat tiga tahun terakhir ini. 

“Hasil penghitungan terbaru menunjukkan penduduk miskin Indonesia meningkat 2,7 juta orang tiga tahun terakhir ini. Yang lebih memalukan lagi, jangankan dibanding T
hailand atau Malay­sia, Indonesia bahkan tertinggal dari Kamboja dan Laos dalam me­ngurangi kemiskinan,” ujar Direk­tur Eksekutif Perkumpulan Prakarsa Setyo Budiantoro.
Setyo juga mempertanyakan ke­senjangan di Indonesia yang jus­tru semakin melebar. Dia men­catat, jumlah harta 40 orang ter­kaya di Indonesia tahun 2010 men­capai 71,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 680 triliun yang se­tara dengan 10,3 persen Pro­duct Domestic Bruto (PDB). 

“Ini aneh, peningkatan keka­ya­an orang kaya itu melejit rata-rata 80 persen selama lima tahun ter­akhir. Jauh lebih tinggi diban­ding­kan pertumbuhan ekonomi yang berkisar hanya enam persen per tahun,” jelasnya.
Dia berharap pe­merintah merombak sistem pem­bangunan agar lebih adil dan men­jadikan pengurangan kese­jah­teraan sebagai indikator keber­ha­silan pembangunan. Selama ini target, tukas dia, strategi dan cara pengurangan kesenja­ngan tidak pernah ada pada do­kumen resmi negara atau dalam perencanaan pembangunan.

Menurut dia, melonjaknya ang­ka kemiskinan diakibatkan be­berapa faktor. Antara lain se­dikit­nya lahan produksi milik orang miskin, minim­nya penye­rapan te­naga kerja dan tidak adanya ke­bijakan pemerin­tah pusat untuk mening­katkan kese­jahteraan rakyat miskin.

Pendapat saya :
Penyebab Kemiskinan di Indonesia selain karena rendah nya SDM, disebabkan oleh beberapa penyelewengan dana oleh para peninggi Negara. Hal ini mengakibatkan kemelaratan rakyat miskin yang semakin menjadi, karena hak mereka tidak disalurkan dengan baik. Sehingga menghambat pendidikan yang menyebabkan kebodohan,dan kemiskinan yang berkepanjangan. 

Program pembangunan nasional yang dicanangkan pemerintah dalam rangka menanggulangi kemiskinan di Indonesia didasari empat pilar yaitu :

1. Pembangunan inklusif
2. Peningkatan akses masyarakat miskin
3. Pemberdayaan kelompok masyarakat miskin
4. Pengembangan sistem perlindungan social

PUSTAKA

http://www.pikiran-rakyat.com/node/171290
http://ekbis.rakyatmerdekaonline.com/read/2011/10/30/44073/Pemberantasan-Kemiskinan-di-Indonesia-Terburuk-di-Asia-
http://rizaalwicaksono.wordpress.com/2012/05/07/penanggulangan-kemiskinan-di-indonesia/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar