Minggu, 23 Oktober 2011

manfaat kedelai





“KEDELAI SEBAGAI SUPERFOOD”

KANDUNGAN KEDELAI

Kedelai termasuk ke dalam kelompok ‘legumes’ yaitu kelompok sayuran kacang – kacangan.Kalau dipanen muda kedelai yang masih bercangkang bisa disantap langsung dengan cara merebusnya dan menaburkan sedikit garam untuk cita rasa. Jika dipanen usia petik, kacang kedelai dijual dalam bentuk kering dan diolah menjadi bentuk pangan lainnya, yaitu bubuk kedelai, susu kedelai, kedelai terfementasi seperti tempe dan tahu, dan ‘bar’ kedelai seperti Soyjoy.

            Kedelai berasal dari ASIA( dipercaya berasal dari Cina 13000 than lampau),disebut sebut sebagai superfood yaitu bahan pangan unggul karena kandungan nutrisinya. Di Asia, sejak berabad-abad kedelai diakui sebagai meat of earth, karena merupakan sumber protein utama bagi pelaku vegetarian. Apa kandungan kedelai sampai disebut superfood?’

            Menurut USDA (lembaga Gizi Amerika),kedelai mentah mengandung gizi lengkap antara lain : protein (lisin, leusin); lemak (asam lemak omega 3, asam lemak omega 6); Vitamin larut lemak: A, K; Vitamin larut air: B6, C; Mineral makro: Kalsium, magnesium, fosfor, kalium; Mineral mikro: Zat besi, seng. Juga mengandung serat (berguna sebagai antioksidan, mengatasi risiko kanker akibat racun, dan menjaga kinerja sel) dan isoflavon (senyawa dalam tanaman yang memiliki efek seperti hormon estrogen, disebut juga fitoestrogen, terutama ditemukan pada kedelai.

MEMBUAT WANITA AWET MUDA

Isoflavon mempunyai khasiat yang sangat luar biasa . Satu hal yang mungkin terlewatkan dari perhatian para kaum wanita, ternyata dari hasil penelitian, kacang kedelai mengandung isoflavon yang sangat tinggi. Isoflavon berfungsi sebagai antioksidan dan berpengaruh meningkatkan kelembapan kulit.
Direktur Perfect Anti-Aging Clinic, Dr. Deby Susanti Vinski, mengungkapkan bahwa dari hasil penelitian NODA, Jepang, 26 wanita yang berusia 30-40 tahun dan mengkonsumsi isoflavon sebanyak 40 mg selama 12 minggu ditemukan mengalami perlambatan kerutan pada wajah dan pada minggu kedelapan, kulit wajah mereka menjadi lebih kenyal.

“Isoflavon memiliki zat yang mampu mengurangi keriput pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen,” ujarnya dalam diskusi bertajuk “Rahasia Nutrisi untuk Awet Muda Isoflavon” di Jakarta beberapa waktu lalu. Meski isoflavon sangat baik bagi kulit, Debby mengungkapkan, perlunya takaran yang tepat dalam mengkonsumsi. “Sehari konsumsi isoflavon sebanyak 30-40 miligram. Itu sudah cukup untuk merangsang pembentukan kolagen,” ucapnya.

Isoflavon ini dapat ditemui pada jenis tumbuhan dan kacang-kacangan. Namun, yang tertinggi terdapat pada kacang kedelai dan jangan salah, dari hasil pengkajian lebih lanjut, kandungan isoflavon pada tepung kedelai ternyata lebih baik hingga 6-7 kali lipat disbanding.Dan yang lebih hebat lagi kandungan isoflavon juga dapat mengurangi potensi risiko kanker,gangguan jantung dan osteoporosis. 





           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar